Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Keerom Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PLTS Solusi Bagi Desa yang Belum Teraliri Listrik

  • 05 Juni 2017 - 19:10 WIB

BORNEO NEWS,Kuala Kapuas -Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat mengatakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) merupakan salah satu solusi bagi desa-desa yang belum teraliri listrik PLN. Program PLTS dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) ini sangat bermanfaat bagi warga Kabupaten Kapuas.

"Kalau seluruh desa di bangun PLTS tentu sangat baik untuk penerangan pada malam hari.Tanpa harus menunggu aliran listrik dari PLN," kata Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat meninjau pembangunan PLTS di Desa Katimpun, Kecamatan Mantangai, Senin (5/6/2017).

Ia melanjutkan PLTS di Desa Katimpun ini merupakan program dari pemerintah pusat melalui Kementerian ESDM yang didanai APBN 2016.

Pembamgunan PLTS Terpusat 50 KWp  (komunal off grid) di desa belum teraliri listrik,sangat bermanfaat bagi desa-desa pedalaman di Kabupaten Kapaus.

"Saya sangat mendukung sekali program PLTS ini,sebab sangat bermanfaat bagi masyarakat di pedalaman Kapuas yang belum merasakan sentuhan peneramgan listrik oleh PLN," cetus dia.

Untuk itu, Ben meminta para camat segera melakukan inventarisasi desa-desa di wilayahnya untuk diusulkan ke Kementrian ESDM melalui Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben), Provinsi Kalteng. Jika mendapatkan program PLTS ini, maka anak-anak bisa belajar lebih fokus di malam hari karena tersedia penerangan yang cukup. Selain itu, bisa mendapatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) karena PLTS bisa dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). (DJIMMY NAPOLEON/B-8)

Berita Terbaru