Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua DPRD Tanggapi Rencana Reses Perorangan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 06 Juni 2017 - 02:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Munculnya rencana perubahan model reses pada jajaran anggota DPRD dari yang sebelumnya per daerah pemilihan (dapil) menjadi perorangan ditanggapi Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto.

"Tidak ada salahnya. Selaku wakil rakyat tentu tidak ada masalah kalau model kegiatan reses dilakukan secara perorangan. Tapi harus diingat, setiap anggota dewan harus mampu bertanggung jawab," kata Sigit kepada Borneonews, Senin (5/6/2017).

Menurut dia, undang-undang telah mengatur tentang model reses perorangan. Tapi pertanyaannya saat ini adalah, apakah pihak Sekretariat Dewan (Sekwan) dan anggota DPRD Kota sudah siap melaksanakannya

"Terlebih dilihat dari konteks pertanggung jawaban ya. Selain ada kesanggupan, tentu juga ada konsekuensi yakni dalam penggunaan anggarannya akan menjadi tanggung jawab anggota dewan secara perorangan. Sanggup tidak," tantang Politisi PDIP ini.

Jika memang sanggup, Sigit mempersilakan rencana ini dilaksanakan. Karena jika anggota dewan menyatakan sudah siap memberi pertanggungjawaban terhadap penggunaan anggaran maka jadilah. "Karena nantinya kalau jadi reses perorangan angggaran juga akan diplot kepada setiap anggota dewan itu sendiri," katanya.

Hanya, ia mengkhawatirkan setelah reses perorangan berjalan, ternyata terdapat permasalahan terutama terkait kemampuan mempertanggungjawabkan anggaran yang dikelola secara individu.

"Kalau reses per dapil sudah jelas saat dipertanggungjawabkan, bagian Sekwan yang menyusunnya karena sudah ada aturan yang mengatur itu. Kalau reses perorangan, pertanggungjawabannya juga perorangan. Sanggup tidak itu saja dulu yang harus dijawab," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru