Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Walaupun Pernah Terbakar Gedung LPTQ Lamandau Masih Digunakan untuk Berbagai Kegiatan

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 06 Juni 2017 - 13:10 WIB

BORNEONEW, Nanaga Bulik - Meskipun pernah terbakar hebat pada 9 September 2016 lalu yang mengakibatkan hampir 70 persen bangunannya tidak dapat difungsikan lagi, namun sejumlah bagian gedung Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Lamandau di Jalan Batu Batanggui, Nanga Bulik, hingga kini masih sering digunakan untuk berbagai kegiatan keagamaan.

Meski penggunaan gedung terlihat tidak seleluasa biasanya, berbagai kegiatan keagamaan khususnya kegiatan yang dilaksanaan sejumlah ormas islam di Lamandau sampai saat ini masih kerap menggunakan bagian gedung yang tidak terdampak, seperti halnya menggunakan ruang tepat pintu masuk gedung.

"Berbagai kegiatan masih sering kita laksanakan disini (gedung LPTQ yang pernah terbakar), meskipun tidak se leluasa dahulu (sebelum kebakaran), kegiatan masih sering digelar di ruang yang masih kita nilai aman khususnya yang ada di lantai satu," ujar Sekretaris Umum LPTQ Lamandau, Abdul Basir, Selasa (6/6/2017).

Basir menyebut, Gedung LPTQ selama ini dikenal sebagai pusat kegiatan agama islam serta merupakan sekretariat dari berbagai lembaga dan organisasi kemasyarakatan (Ormas Islam), mulai dari LPTQ, Majlis Ulama Indonesia (MUI) Lamandau, PC Nahdlatul Ulama (NU) Lamandau, BKPRMI hingga LASQI.

Sehingga, kata dia, berbagai kegiatan mulai dari rapat-rapat pengurus lembaga hingga berbagai pembinaan keagamaan masih harus menggunakan sisa puing-puing bangunan sisa terbakar, mengingat belum ada tempat lain yang lebih representatif, disisi lain ruangan di LPTQ setelah terbakarpun beberapa diantaranya masih dapat digunakan, seperti halnya sebagian ruang utama dan ruang kantor.

"Kalau ruangan di lantai dua semuanya kan sudah hangus, tidak dapat lagi difungsikan, praktis kita saat ini hanya memanfaatkan beberapa ruangan di lantai satu," bebernya.

Dari pantauan borneonews.co.id, masih difungsikannya beberapa bagian dari gedung LPTQ Lamandau juga terlihat dari masih digunakannya beberapa bagian ruangan untuk kegiatan yang saat ini berlangsung, yakni kegiatan Kursus Kaligrafi dan Pelatihan Tilawatil Quran yang diadakan LPTQ Lamandau selama bulan Ramadan. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru