Selasa, 21 November 2017
 

 
Trigana Air

Trigana Air Berencana Jajaki Pasar Lokal Kalimantan

 
 
Daniel S Kurniawan

Daniel S Kurniawan

Borneonews / Wahyu Wulandari

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Trigana Air berencana menjajaki pasar sejumlah kota di Kalimantan. Kota apa saja?

"Untuk menambah jadwal penerbangan Pangkalan Bun-Jawa masih belum ada rencana. Tapi kalau untuk penerbangan jarak pendek di Kalimantan, seperti Pangkalan Bun-Banjarmasin, Pangkalan Bun-Palangka Raya dan lain-lain sedang kita garap,” ujar Direktur Komersial Trigana Air Daniel S Kurniawan, di Pangkalan Bun, baru-baru ini.

Menurut Daniel, faktor utama yang menentukan perkembangan industri penerbangan di suatu wilayah adalah market size. Pangkalan Bun yang merupakan salah satu destinasi di Kalimantan konsumennya masih sedikit sehingga agak sulit untuk berkembang.

"Setelah saya analisa konsumen yang menggunakan pesawat terbang dari Pangkalan Bun itu kebanyakan adalah pekerja, sehingga pasarnya kurang berkembang. Berbeda dengan Bali yang sangat cepat perkembangannya karena rata-rata konsumennya adalah wisatawan,” ungkapnya.

Guna masuk ke pasar lokal Kalimantan, menurut Daniel, rutenya akan dibuat lebih panjang dengan armada pesawat ATR (pesawat penumpang regional jarak pendek). Sedangkan untuk subsidi dari pemerintah daerah tidak diperlukan jika market size-nya cukup dan konsumen mampu untuk membeli tiket pesawat.

"Subsidi itu hanya untuk membiasakan masyarakat berpergian menggunakan pesawat dan membuka kesempatan bagi investor untuk berinvestasi,” tandasnya. (WAHYU WULANDARI/m)

BERITA POPULER

Tewas Tenggelam

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA
To Top