Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Dumai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kekerasan Dalam Rumah Tangga Harus Dicegah

  • Oleh Noor Annisa
  • 06 Juni 2017 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit ' Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) merupakan tindak pidana yang harus dihindari dan dilakukan pencegahan secara bersama.


Hal tersebut dikatakan Ketua PKK Kecamatan Baamang, sekaligus anggota bidang pendidikan di lembaga Pusat Pelayanan Terpadu Peberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A), Rusnilawati, saat memberikan tanggapan mengenai penemuan mayat bayi yang diberitakan saat kejadian terdapat di wilayah Kecamatan Baamang baru-baru ini.

Dirinya mengatakan, hal tersebut bisa saja dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab terhadap perbuatannya, dan tidak ingin menanggung malu, terlebih jika terjadi pada anak remaja, maka terjadilah kekerasan.

Untuk itu, menurutnya, tim penggerak PKK Kecamatan Baamang juga akan aktif menggiatkan sosialisasi masalah kekerasan dalam rumah tangga, mengingat akhir-akhir ini sering terjadi kekerasan terutama terhadap anak remaja.'Hanya saja selama ini mereka kelihatan malu untuk melaporkan, akan tetapi setelah kita lakukan pemantauan di lapangan justru banyak keluhan-keluhan yang memang terjadi pada saat ini,'katanya, Selasa (6/6/2017)

Penyebab KDRT menurutnya beragam. Salah satunya karena tekanan ekonomi yang menghimpit yang membuat emosi menjadi labil, mudah tersinggung atau marah sehingga terjadi kekerasan.

Begitupun kepada orangtua, sambungnya, sangat perlu sebagai seorang ibu memantau anak, khususnya remaja perempuan, agar mendapatkan bimbingan dari orang tua. Sehingga memimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Lebih lanjut, menurutnya, jika memang dibutuhkan, Instansi terkait bisa melakukan pembinaan terhadap remaja Kotim dengan bekerja sama dengan pihak PKK untuk melakukan bentuk bimbingan. 'Misalnya dengan diadakan pertemuan secara rutin atau dibentuk perkumpulan dengan diberikan pengetahuan dan wawasan, diberikan penghargaan,' pungkasnya. (NOOR ANNISA/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru