Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Siak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotawaringin Barat Dorong Penerbangan Pesawat Malam Hari Layani Pemudik

  • Oleh Cecep Herdi
  • 06 Juni 2017 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Untuk menambah pelayanan jumlah arus mudik lebaran dari transportasi udara, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat menginginkan ada jadwal penerbangan pesawat dari Bandara Iskandar Pangkalan Bun pada malam hari melalui program extra flight khusus melayani arus mudik lebaran.

Selama ini, jadwal penerbangan di bandara milik TNI AU itu dibatasi sampai pukul 17.00 WIB.

"Kami lagi mengajukan extra flight yang awalnya hanya siang ditambah jadwal penerbangan malam," ujar Wakil Bupati Kotawaringin Barat Ahmadi Riansyah, Selasa (6/5/2017).

Pemkab mengusulkan hal itu untuk mengakomodir semua pemudik yang ingin pulang kampung. "Apalagi prediksi kita tahun ini akan ada peningkatan jumlah pemudik sekitar 10% persen, baik dari laut maupun udara," kata dia.

Namun untuk melaksanakan jadwal penerbangan malam saat ini masih terkendala kalibrasi di Bandara Iskandar Pangkalan Bun.

"Kendalanya saat ini adalah kalibrasi, kami pemerintah daerah mendorong hal itu bagaimana berkordinasi dengan kementerian agar kalibrasi yang menjadi kendala saat ini bisa lebih cepat dilaksanakan," imbuhnya.

Untuk jumlah penerbangan sendiri baik ke Jakarta, Semarang, dan Surabaya saat ini sudah dilayani oleh empat maskapai penerbangan yakni Trigana Air, Kalstar, Garuda, Wings Air. Kemudian dalam waktu dekat, akan ada maskapai baru yang bergabung melayani rute Semarang Jakarta yakni Nam Air. Hal itu jelas menjadi angin segar bagi masyarakat Kobar yang sudah kehabisan tiket mudik lebaran. (CECEP HERDI/m)

Berita Terbaru