Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Mataram Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tiap Tahun, ASN di Katingan Berkurang Puluhan Orang

  • Oleh Abdul Gofur
  • 07 Juni 2017 - 02:32 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Setiap tahunnya, jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Katingan selalu berkuran. Selain memasuki masa pensiun, tidak sedikit ASN yang mengajukan pindah ke luar daerah, hingga ada yang meninggal dunia.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Katingan, M Hasrun menuturkan jika rata-rata dalam setahun jumlah ASN di wilayahnya yang berkurang itu sebanyak 70-an orang.

"Jumlah pegawai yang pensiun saja rata-rata tiap tahun kurang lebih 70-an orang. Otomatis jumlah ASN kita berkurang," katanya.

Dengan adanya moratorium terkait penerimaan PNS sejak 2015, 2016 dan 2017, maka jumlah kekurangan pegawai di Bumi Penyang Hinje Simpei ini pun semakin banyak.

"Sekarang kekurangan pegawai kita sekitar 500-an orang, karena sejak moratorium tiga tahun terakhir tidak ada pengangkatan CPNS, lagi," kata Hasrun.

Saat ini, jumlah pegawai di Katingan yang berstatus ASN sebanyak 3.950 orang. "Kalau moratorium terkait pengangkatan CPNS tahun ini masih diberlakukan, maka tahun depan jumlah pegawai di Katingan akan semakin berkurang," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru