Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Magelang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dari Makam Bung Karno Sugianto Serukan 'Save SDA'

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 07 Juni 2017 - 09:44 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Apa yang dipetik dari kedatangan Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran berziarah ke makam Proklamator RI Soekarno di Blitar Jawa Timur Semangat Sugianto menjadi kian menggebu untuk menauladani sikap tegas presiden pertama ini atas pembelaannya terhadap anak negeri.

Terutama sekali adalah penguasaan bumi air dan kekayaan yang terkandung didalamnya sesuai yang diamanatkan dalam Undang-undang 1945. Penguasaan sumber daya alam (SDA) sangat penting untuk dikelola oleh dan untuk anak bangsa sendiri. Sugianto ingin meneriakkan 'Save SDA'

'Presiden pertama kita, Soekarno benar-benar ingin sumber daya alam Indonesia dikelola oleh anak bangsa sendiri. Mari dalam rangka memperingati hari lahir Soekarno, kita tauladani keberanian beliau dalam menyelamatkan SDA di Kalteng,' terang Sugianto ditemui tadi malam.

Sugianto menghadiri peringatan hari lahir Soekarno ke-116 di Blitar, Jawa Timur yang dihadiri sejumlah Menteri Kabinet Kerja Presiden Jokowi, para kepala daerah, dan anggota DPR yang diusung PDIP serta Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri, Senin (5/6) sore.

Lantas, kenapa Sugianto begitu prihatin kondisi Kalteng Ini tidak lain karena kekayaan SDA Provinsi berjuluk Tambun Bungai ini dikenal sangat berlimpah. Namun keberadaannya belum menjadi lumbung kesejahteraan bagi rakyat Kalteng, minimal masyarakat sekitarnya.

Sebab kenyataannya, justru banyak masyarakat sekitar tidak menikmati sejahtera. Banyak perusahaan yang pengelola atau pemiliknya justru orang asing. Padahal idealnya, kekayaan SDA tersebut semestinya berbanding lurus dengan kesejahteraan dan kemajuan daerah.

'Jangan sampai kena kutukan pemilik SDA, atau bencana negeri kaya SDA, dengan peribahasa yang ironis 'ayam mati di lumbung padi. Mari bersama kita selamatkan SDA kita untuk kemakmuran segenap rakyat,' serunya. (ROZIQIN/B-5)

Berita Terbaru