Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

70 Hektare Hutan di Kalteng Sudah Terbakar

  • Oleh Budi Yulianto
  • 07 Juni 2017 - 11:02 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Luas hutan yang terbakar di tiga wilayah Kodim jajaran Korem 102 Panju Panjung sudah mencapai 70 hektare.

Luasan 70 haktare itu tersebar di wilayah Kodim 1016 Palangka Raya, Kodim 1011 Kapuas dan Kodim 1015 Sampit. Api diperkirakan akan terus merembet dan tidak menutupkemungkinan akan menjadi lebih luas.

Staf Ahli Gubernur Bidang Kesejahteraan Rakyat dan SDM Pemprov Kalteng, Yuel Tanggara meminta seluruh FKPD dan masyarakat harus bahu membahu, berkoordinasi menanggulangi bencana Karhutla, agar masalah kebakaran dapat diselesaikan dengan cepat agar tidak menimbulkan dampak negatif.

Luasan hutan yang terbakar ini hanya sebatas gambaran dalam latihan posko 1 atau penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan di Korem 102/Pjg, Rabu (7/6/2017). Latihan itu akan berlangsung selama tiga hari.

Sekitar 170 anggota dari tiga kodim tersebut mengikuti latihan. Kapuas sendiri juga termasuk membawahi wilayah Kabupaten Pulang Pisau.

Sebelumnya pihaknya melakukan koordinasi yang dihadiri pemerintah kota dan provinsi. "Dalam skenario ini, ada 70 hektar yang terbakar. Jadi yang dilakukan dalam latihan ini bermain data dalam menyelesaikan persoalan di lapangan," kata Danrem 102/Pjg Kolonel Arm M Naudi Nurdika

"Misalnya ada hotspot di wilayah tertentu. Tim harus mengetahui apa yang mesti dilakukan. Seolah-olah bergerak ke lapangan tapi masih di atas kertas," tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-6)

Berita Terbaru