Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pulang Pisau Masih Jadi Daerah Paling Rawan Kebakaran Hutan

  • Oleh Budi Yulianto
  • 07 Juni 2017 - 13:32 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, masih menjadi daerah paling rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Bumi Tambun Bungai. Daerah ini juga patut mendapat perhatian lebih demi mencegah terjadinya Karhutla.

"Pulang Pisau rawan kebakaran. Kita patut mewaspadai. Makanya di sana embung juga banyak dibangun," kata Danrem 102/Pjg Kolonel Arm M Naudi Nurdika, di Palangka Raya, Rabu (7/6/2017).

Dia menuturkan, ada ratusan sumur bor yang telah terbangun di wilayah tersebut yang masuk wilayah Kodim Kapuas. Naudi berencana mengecek sumur bor tersebut untuk memastikan apakah berfungsi dengan baik, atau tidak.

Danrem menuturkan, fungsi utama satgas adalah mengendalikan kebakaran hutan dan lahan. "Satgas sebenarnya gabungan. Tapi dalam konteks latihan penanggulangan ini sebenarnya internal kita. Namun demikian tetap ada dari instansi lain."

Ada tiga wilayah Kodim yang mengikuti latihan penanggulangan kebakaran. Yakni Kodim 1016 Palangka Raya, Kodim 1011 Kapuas dan Kodim 1015 Sampit.

"Sebenarnya kita menginginkan semua kodim ikut latihan. Hanya saja ini terkendala anggaran," tutur Naudi sembari menegaskan sampai sejauh ini tidak ada terpantau adanya kebakaran hutan dan lahan di Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila. (BUDI YULIANTO/N).

Berita Terbaru