Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Semarang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKPP Sukamara Capai Target Akseptor 450 Ekor Sapi

  • Oleh Norhasanah
  • 07 Juni 2017 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Target akseptor atau ternak yang mengikuti Inseminasi Buatan (IB) dalam program Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting (Upsus Siwab) yang dilaksanakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sukamara sudah mencapai target.

'Untuk akseptor kita terget 450 sapi dan ini sudah terlampaui,' kata Kepala Bidang Peternakan DKPP Sukamara, Syamsir Hidayat, Rabu (7/6/2017).

Menurut Syamsir, dari target 450 ekor ternak sapi tersebut maka yang harus berhasil bunting sebanyak 293 ekor dengan kelahiran 225 ekor sapi. Namun untuk keberhasilan bunting dan kelahiran masih belum bisa dipastikan karena saat ini untuk pemberian IB masih dilakukan secara bertahap.

'Perkembanganan capaian kinerja program Upsus Siwab dipantau secara harian baik terhadap sapi yang dilakukan IB, sapi yang bunting dan melahirkan,' ujarnya.

Kabid Peternakan tersebut mengatakan, adanya sistem kawin suntik tersebut dapat memberikan beberapa keuntungan seperti meningkatkan pupuliasi dan produksi ternak, tersedianya pangan yang cukup, aman,bermutu, bergizi dan beragam dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat serta dapat meningkatkan efesiensi dan efektivitas usaha budidaya ternak.

'Kita berharap dalam program ini kita tidak hanya bisa mencapai target akseptor, namun juga bisa mencapai target bunting dan kelahiran. Sehingga, tujuan dari program tersebut bisa dirasakan oleh peternak khususnya masyarakat Kabupaten Sukamara,' ucapnya. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru