Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Arus Mudik Lebaran Tahun Ini Diprediksi Meningkat

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 07 Juni 2017 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Arus mudik lebaran yang menggunakan jalur laut melalui Pelabuhan Panglima Utar, Kumai tahun ini diprediksi meningkat dari tahun sebelumnya.

Lonjakan pemudik diperkirakan meningkat sebanyak 10 persen, pada lebaran Idul Fitri tahun 2016 lalu tercatat jumlah pemudik yang melalui pelabuhan Panglima Utar, Kumai mencapai 27 ribu orang dan tahun 2017 ini jumlah diprediksi mencapai 31 ribu pemudik.

Untuk itu pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat telah mengantisipasi lonjakan penumpang dengan menyiapkan armada kapal baik dari PT Pelni maupun PT Dharma Lautan Utama (DLU).

Wakil Bupati Kotawaringin Barat, Ahmadi Riansyah, mengatakan bahwa sejumlah transportasi jalur laut sudah disiagakan dan siap mengantar sebanyak 31 ribu calon penumpang menuju daerah asalnya masing-masing.

Ia mengungkapkan bahwa lonjakan pada tahun 2017 diperkirakan mencapai 10 persen atau 31 ribu penumpang dari pada tahun 2016 lalu yang hanya 27 ribu orang penumpang. "Kapal sudah disiagakan untuk mengangkut sebanyak 31 ribu calon penumpang yang akan mudik melalui jalur laut," kata Ahmadi, Rabu (7/6/2017).

Ia menjelaskan calon penumpang yang akan mudik ke kampung halamannya pada saat lebaran Idul Fitri 1438 H, bukan saja merupakan calon penumpang dari Kabupaten Kobar, tetapi juga dari Kabupaten tetangga dan provinsi lain seperti Kalimantan Barat. (KOKO SULISTYO/B-8).

Berita Terbaru