Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banyuwangi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengambilan Formulir Penerimaan Siswa Baru Harus Gratis

  • Oleh Naco
  • 08 Juni 2017 - 19:04 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, Sutik meminta pengambilan formulir pada masa penerimaan siswa baru agar digratiskan. 

"Jangan sampai pengambilan formulir nanti (biaya) dibebankan kepada siswa. Kami tidak ingin itu terjadi, apalagi menebus Rp100 - 200 ribu," kata Sutik, Kamis (8/6/2017).

Penebusan formulir tidak dibenarkan. Sehingga jika ada sekolah yang memungut biaya formulir, harus dilaporkan. Dia menilai itu masuk kategori pungutan liar.

"Harga formulir tidak mungkin mencapai Rp100 ribu lebih. Itu sangat tidak masuk akal," kata Sutik.

Sutik juga menuntut peran aktif dinas pendidikan dan jangan pasif tanpa melakukan pengawasan saat penerimaan peserta didik baru nanti.

"Jangan main-main dengan masalah sepert ini. Karena merupakan tanggungjawab disdik juga. Jangan sampai ada pungutan tanpa dasar, ujung-ujungnya ditangkap tim Saber Pungli," ingatnya.

Persoalan terhadap dunia pendidikan memang kerap kali terjadi, terutama saat penerimaan siswa baru. Diharapkan, masalah-masalah seperti itu jangan sampai terulang. Atau juga sumbangan yang berdalih komite hingga pungutan dengan dalih menebus formulir.(NACO/B-11)

Berita Terbaru