Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanah Bumbu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Besok Pejabat Pemprov Hasil Lelang Dilantik

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 08 Juni 2017 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Hasil open bidding atau lelang jabatan tinggi pratama (eselon II) di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah disampaikan oleh panitia seleksi (pansel) kepada Gubernur Sugianto Sabran. Rencananya besok akan dilakukan pelantikan pejabat hasil mekanisme lelang terbuka tersebut.

'Kalau tidak ada aral melintang saya akan melantik mereka Jumat (9/6/2017) di Istana Isen Mulang,' kata Gubernur Sugianto, Kamis (8/6/2017) malam.

Jumlah pejabat eselon II hasil lelang kali ini sebanyak 12 orang. Sedangkan hasil lelang sudah keluar pada 22 Mei 2017 dengan jumlah tiga pejabat tiap kursi jabatan. Selanjutnya adalah menunggu keputusan Gubernur memilihnya karena kewenangan ada di tangan gubernur sebagai hak prerogratif.

Sebenarnya ada 16 jabatan yang dilelang. Namun sejumlah pelamar dinyatakan tidak memenuhi syarat untuk empat jabatan yang dilamar. Sehingga empat kursi 'dibiarkan' kosong itu akan diduduki pelaksana tugas (plt). Tetapi empat kursi itu kembali diajukan ke Kemendagri untuk mendapat persetujuan dilelang ulang.

Gubernur Sugianto menuturkan, pejabat yang terpilih pada proses lelang sudah sesuai mekanisme dan ketentuan yang benar menurut Undang-Undang tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Karena itu, ia yakin tidak akan menuai masalah apalagi Komite ASN sudah menyetujuinya.

'Kita ikuti dan taati aturan. Komite ASN sudah mengetahui dan sudah menyetujui. Jadi tidak ada yang menabrak aturan,' tegasnya.

Gubernur muda ini juga tidak menampik kemungkinan adanya pelantikan bagi pejabat eselon di bawahnya. Namun, untuk kepastiannya jumlah yang akan dilantik, Gubernur enggan menyebutkan. 'Selain eselon II mungkin juga nanti sedikit dari  eselon III,  kalau eselon IV belum,' tegasnya. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru