Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tuban Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya Miliki Fungsi Tata Air

  • Oleh Abdul Gofur
  • 09 Juni 2017 - 00:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Taman Nasional (TN) Bukit Baka Bukit Raya di Kabupaten Katingan selain menyimpan keanekaragaman hayati, ternyata juga berfungsi sebagai penataan air.

"Yang utama TN Bukit Baka Bukit Raya itu berfungsi sebagai penataan hidologis atau penataan air," kata Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Bukit Baka Bukit Raya Kabupaten Katingan, Firasadi, Kamis (8/6/2017).

Ia menyebutkan, ada beberapa daerah aliran sungai (DAS) di Kabupaten Katingan yang berhulu di TN Bukit Baka Bukit Raya. Di antaranya Sungai Katingan, Sungai Samba, Sungai Senamang, Sungai Bemban, dan Sungai Hiran. Sejauh ini sungai yang mengalir dari TN Bukit Baka Bukit Raya airnya tidak pernah kering.

Selain itu, ada empat wilayah kecamatan di Kabupaten Katingan yang masuk areal TN Bukit Baka Bukit Raya, sedangkan sebagian lainnya berada di wilayah Provinsi Kalimantan Barat.

"Yang jelas fungsi hidrologisnya mempengaruhi hutan, sehingga hutan yang ada tetap asri dan tidak pernah terbakar saat kemarau," sebutnya. (ABDUL GOFUR/B-3)

Berita Terbaru