Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sabu Raijua Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waduh, Cendol di Pasar Ramadan Kapuas Mengandung Zat Pewarna Tekstil Rhodamin B

  • 09 Juni 2017 - 10:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Cendol yang dijual di Pasar Ramadan ada yang mengandung zat pewarna tekstil Rhodamin B. Temuan itu berdasarkan uji sample yang dilakukan di setiap Pasar Ramdan.

"Kami menemukan makanan yang mengandung bahan kima zat perwarna yaitu Rhodamin B pada cendol. Setelah uji laboraterium, langsung kami sita barangnya," kata Kepala Balai POM Palangka Raya Trikoranti Mustikawati seusai menggelar operas Pasar Ramadan di Kuala Kapuas, Kamis (8/6/2017).

Pada operasi Pasar Ramadan itu, Balai POM Palangka Raya didampingi Dinas Perdagangan, Perindustrian Koperasi UMKM serta melibatkan Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, dan Satpol PP.

Trikoranti Mustikawati mengatakan, setiap Ramadan pihaknya berkoordinasi dengan semua pemerintah kabupaten melalui dinas teknis untuk melakukan operasi pasar untuk memantau keamanan makanan dan minuman yang dijual di setiap Pasar Ramadan.

"Kita langsung uji sampel setiap makam dan minuman di setiap Pasar Ramadan, ini untuk memberikan pembinaan kepada penjual makan dan minum untuk tidak menggunakan bahan pewarna yang berbahaya," terangnya.

Untuk itu, lanjut Trikoranti, pihaknya selalu melakukan pembinaan kepada setiap pedagang agar jangan sampai menggunakan bahan-bahan berbahaya saat menyajikan makanan atau minuman untuk konsumen. Bahan berbahaya yang dimaksud di antaranya rhodamin, borax dan formalin. (DJIMMY NAPOLEON/B-2)

Berita Terbaru