Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Materi Tertib Lalu Lintas Masuk Mapel PKn

  • 09 Juni 2017 - 16:36 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Berbagai cara dilakukan jajaran Satlantas Polres Kotawaringingin Barat (Kobar) untuk menekan angka kecelakaan di kalangan pelajar. Salah satunya dengan mengintegrasikan materi tertib lalu lintas dengan mata pelajaran (Mapel) Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). "Tujuannya, agar pelajar memahami tentang peraturan lalu lintas," ucap Kasatlantas Polres Kobar, AKP Asdini Pratama Putra, Jumat (9/6/2017).

Integrasi Pelajaran Lalu Lintas (PLL) dengan PKn itu mendapat respon positif dari pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kobar dan pihak sekolah.

Pendidikan Lalu Lintas ini, terang Kasat, akan mulai diberikan kepada para pelajar tingkat SD hingga SMA mulai awal pembukaan pendidikan tahun ajaran baru 2017, oleh guru PKn seluruh jenjang pendidikan.

"Kita berharap dengan integrasi ini bisa menyampaikan edukasi, kesadaran dan tanggung jawab pelajar akan pentingnya keselamatan berlalu-lintas," harap Asdini.

Terpisah, Kepala Disdikbud Kobar Aida Lailawati menilai, integrasi pendidikan lalu lintas ke dalam Mapel PKn merupakan langkah strategis untuk menumbuhkan kesadaran tertib berlalu lintas di kalangan pelajar.

"Kami berharap Integrasi ini dapat mendidik siswa menjadi pribadi yang disiplin, bertanggung jawab dan tertib berlalu lintas," ucap Aida saat dihubungi Borneonews.

Kegiatan bertajuk 'Diseminasi Modul Pembelajaran Pendidikan Lalulintas Terintegrasi pada Mapel PKn' itu diikuti Jajaran Satlantas Polres Kobar, Disdikbud Kobar, Kepala Cabang Kecamatan dan perwakilan Sekolah Se-Kobar. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-2)

Berita Terbaru