Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kasat Lantas Gandeng Guru PKn Ajarkan Pendidikan Lalu Lintas

  • 09 Juni 2017 - 14:52 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kasat Lantas Polres Kotawaringin Barat (Kobar) AKP Asdini Pratama Putra menggandeng seluruh guru mata pelajaran (Mapel) Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) untuk mengajarkan Pendidikan Lalu Lintas (PLL) kepada anak didiknya.

Asdini menyebut, PLL di sekolah merupakan upaya untuk menanamkan budaya tertib dan disiplin berlalu lintas di kalangan pelajar. Saat ini, pihaknya dengan Disdikbud sepakat mengintergrasikan PLL dengan Mapel PKn.

"Pendidikan keselamatan berlalu lintas pada usia pelajar adalah hal yang sangat penting," kata Asdini, Jumat (9/6/2017).

Karena, sambung dia, saat ini pelajar rentan terlibat pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang berakibat luka-luka, cacat bahkan meninggal dunia.

"Kita berharap peran serta Guru PKn se-Kabupaten Kobar bisa menyampaikan edukasi, kesadaran dan tanggung jawab pelajar akan pentingnya keselamatan berlalu-lintas," harapnya.

Sementara, Wakil Kepala MTs Negeri Pangkalan Bun Bagian Kesiswaan, Hamid Muhsin menyebut, Implementasi ini diharapkan dapat semakin menumbuhkan karakter siswa dalam berlalu lintas yang baik dan benar serta saling menghormati sesama pengguna jalan.

"Kalau kami sangat mendukung sekali, terutama saat ini sudah banyak anak sekolah tingkat SMP/MTs ke sekolah menggunakan kendaraan sendiri," ujarnya.

Program integrasi PLL dengan PKn diharapkan mampu melatih siswa disiplin dalam berlalu lintas. Sebab selama ini, banyak siswa belum paham mengenai tata tertib lalu lintas. "Akibat dari ketidakpahaman itu, banyak siswa yang tidak mengindahkan peraturan lalu lintas ketika berkendara," katanya.

Selain itu, program tersebut dinilai merupakan langkah strategis untuk menumbuhkan kesadaran tertib berlalu lintas di kalangan pelajar. "

Sekedar informasi, integrasi PLL dengan Mapel PKn merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) antara Kapolri dengan Kementerian Pendidikan. Dalam pelaksanaannya ke depan, ada buku paket yang berisikan keselamatan berlalu lintas yang dikaitkan dalam mata pelajaran PKn. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-11)

Berita Terbaru