Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

WTP Harus Dipertahankan

  • Oleh Naco
  • 09 Juni 2017 - 19:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Handoyo J Wibowo  mengapresiasi capaian pengelolaan keuangan kabupaten ini. Baru-baru ini meraih predikat wajar tanpa pengecualiaan (WTP).

Terlebih opini itu sudah diraih selama tiga tahun berturut-turut. "Maka dari itu saya meminta agar apa yang jadi catatan dan rekomendasi dari auditor harus ditindak lanjuti," kata Handoyo, Jumat (9/6/2017).

Dikatakan Handoyo, pasti ada beberapa rekomendasi perbaikan dari auditor BPK ke Kotim. Mereka mendorong agar apa yang jadi catatan itu segera diselesaikan. "Diantaranya soal aset yang jadi titik beratnya harus jadi catatan penting, karena aset itu memang sudah sejak lama jadi permasalahan,' tukas Handoyo

Politisi Partai Demokrat ini meminta agar dalam mengelola keungan itu mesti hati-hati dan cermat. Selain itu wajib menghindari pelaporan yang tidak real, terlebih lagi difiktifkan. Karena pasti akan terbongkar suatu saat nanti.

Pemerintah Daerah sejak awal telah sepakat kalau pengelolaan keuangan daerah harus ekstra hati-hati, jangan sampai masih ada lagi kegiatan yang menjadi temuan pihak auditor dan itu mempengaruhi opini WTP Kabupaten Kotim kedepannya.

Menurut Handoyo penerapan sistem tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri  nomor 64 Tahun 2013 tentang Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan.

"Sistem tersebut untuk lebih menertibkan administrasi keuangan di lingkungan Pemkab Kotim. Mempertahankan opini WTP tidak semudah meraihnya, karena itu kami beharap kerjasama dan kemampuan para birokrat yang bertugas itu bisa lebih maksimal. Jangan sampai kita turun dari WTP ke disclaimer," tandas Handoyo. (NACO/B-5)

Berita Terbaru