Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surabaya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jelang Lebaran, Dirlantas Imbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

  • Oleh Budi Yulianto
  • 09 Juni 2017 - 19:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Tidak terasa, bulan Ramadan sudah berjalan dua pekan. Ini menandakan bahwa Hari Raya Idul Fitri semakin dekat. Masyarakat bisa dipastikan sebentar lagi akan berbondong-bondong pulang kampung untuk berkumpul bersama keluarga di hari kemenangan.

Selama arus mudik, lalu lintas tentunya semakin padat. Sehingga tingkat kerawanan di jalan juga semakin tinggi. Oleh sebab itu, Direktur Lalu Lintas Polda Kalteng Kombes Pol M Taslim Chairuddin mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan.

'Mobilisasi masyarakat tidak bisa kita hindari. Oleh sebab itu, masyarakat harus berhati-hati. Utamakan keselamatan. Keluarga Anda menanti di rumah,' imbau Taslim.

Kemudian, lanjut dia, jika merasa mengantuk, pengendara jangan memaksakan diri. Upayakan singgah sejenak untuk menghilangkan rasa kantuk tersebut. Selanjutnya, bila hendak mendahului kendaraan yang ada di depan, harus betul-betul memperhatikan apakah di jalur lawan ada kendaraan lain atau tidak. Juga harus mengira-ngira apakah motor mampu mendahului kendaraan yang ada di depan atau tidak.

Di sisi lain, Direktorat Lalu Lintas Polda juga berencana memeriksa angkutan umum, baik mobil maupun bus. 'Tentu kita akan melakukan pengecekan. Nanti kita koordinasikan dengan instansi terkait untuk mencari waktu pelaksanaannya,' tutur dia. (BUDI YULIANTO/B-3)

Berita Terbaru