Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rembang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bantauan Alsintan Harus Dibarengi Peningkatan Produksi Pertanian

  • 09 Juni 2017 - 20:46 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun- Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Gunung Mas Edyson D Kenting mengharapkan bantuan peralatan mesin pertanian (alsintan) yang diterima kelompok tani bisa meningkatkan hasil produksi pertanian.

"Bantuan alsintan dari pemerintah pusat ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh kelompok tani di daerah ini," ujar Edyson, Jumat (9/6/2017).

Menurut dia, adanya bantuan alsintan berupa hand tractor maupun hand sprayer dapat memotivasi para petani untuk membuka lahan dan memperluas areal tanam. Mengingat, saat ini masih banyak lahan pertanian di Kabupaten Gunung Mas belum tergarap.

"Pemerintah daerah juga harus melakukan pengawasan terkait pemanfaatan alsintan. Sehingga benar-benar berfungsi sesuai peruntukannya," sebut Edyson.

Sebelumnya, Jumat pagi , Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Kabupaten Gunung Mas Kardinal menyerahkan bantuan 20 unit hand tractor dan 24 unit hand sprayer kepada 20 kelompok tani dari lima kecamatan.

"Alat ini (alsintan) bukan digunakan oleh pribadi atau golongan, tetapi harus dikelola dengan baik. Jadi kelompok tani penerima alsintan ini, bertanggung jawab penuh terhadap alsintan. Karena jika tidak digunakan atau dimanfaatkan akan ditarik dan dialihkan kepada kelompok tani yang membutuhkan," tegas Kardinal. (EPRA SENTOSA/B-3)

Berita Terbaru