Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tenaga Medis di Desa Sebangau Jaya Jarang di Tempat

  • Oleh Roni Sahala
  • 09 Juni 2017 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Katingan- Tenaga medis yang ditempatkan Pemerintah Kabupaten Katingan di Desa Sebangau Jaya, Kecamatan Katingan Kuala, jarang berada di tempat. Hal itulah yang dikeluhkan warga setempat.

"Ada dua orang PNS yang ditempatkan di sini tapi jarang ada di pustu. Tugasnya di sini tapi orangnya lebih sering di Pegatan," kata Kepala Desa Sebangau Jaya, Rudiansyah, Rabu (9/6/2017).

Demi mendapatkan pelayanan kesehatan, warga terpaksa ke Pegatan, kota kecil di muara Sungai Katingan. Untuk ke sana, harus naik perahu dari desa yang berada di Sungai Sebangau Kecil ke arah  Laut Jawa sebelum masuk ke Sungai Katingan dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

"Kadang kalau ke sana (Pegatan) bisa kandas di muara dan harus menunggu sampai malam, hingga air pasang," lanjut Rudiansyah menuturkan kesulitan akses kesehatan warganya.

Desa Sebangau Jaya merupakan perkampungan nelayan yang dihuni sekitar 236 Kepala Keluarga. Desa ini sangat terisolasi karena tidak ada akses darat, kemudian tidak dialiri listrik dan tidak memiliki jaringan seluler.

Borneonews berkesempatan mengunjungi desa tersebut bersama World Wide Found for Nature (WWF) Indonesia Kalimantan Tengah selama dua hari. (RONI SAHALA/B-3)

Berita Terbaru