Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Katingan Paripurnakan Keputusan Mendagri Berhentikan Tenglie, Senin

  • Oleh Abdul Gofur
  • 10 Juni 2017 - 07:32 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - DPRD Katingan akan menggelar rapat paripurna istimewa pengumuman hasil keputusan Mendagri, Senin (12/6/2017). Mendagri telah memberhentikan Ahmad Yantenglie sebagai Bupati Katingan, dan menunjuk Wabup Sakariyas sebagai penggantinya. Rabu (7/6/2017) malam, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran telah mengangkat Sakariyas sebagai Plt Bupati Katingan.

"DPRD Katingan sudah menjadwalkan agenda paripurna istimewa terkait pengumuman hasil keputusan Menteri Dalam Negeri, Senin tanggal 12 Juni ini," kata Ketua DPRD Katingan, Ignatius Mantir L Nussa, di Kasongan, Jumat (9/6/2017).

DPRD, kata Mantir panggilan akrab Ketua DPRD Katingan ini juga bakal membuat usulan ke Mendagri melalui Gubernur Kalteng. "Kemarin gubernur kan minta supaya cepat terkait proses pelantikan Bupati Katingan, dari kementerian juga minta cepat, mudahan seminggu paling lambat 10 hari bisa sudah keluar cepat aja surat balasan dari Mendagri itu."

Menurut Mantir jika usulan sudah dibalas Mendagri, akan ada proses pelantikan terhadap PLT Bupati Katingan Sakariyas menjadi Bupati Katingan. "Tapi nanti yang melantik Gubenur Kalteng atas nama Mendagri."

Seperti diketahui, Rabu (7/6/2017) malam, Sakariyas resmi menjabat orang nomor satu di Katingan, meski sementara masih berstatus sebagai pelaksana tugas (Plt). Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran menginstruksikan sekaligus memotivasi Sakariyas agar tidak ragu menjalankan tugasnya sebagai Plt.

Wajar penekanan ini disampaikan. Pasalnya, perjalanan dia hingga keluarnya SK penunjukan Plt dari Mendagri untuk Wakil Bupati, perjalanannya cukup panjang. empat terjadi gesekan publik Katingan antar dua kubu yang pro Bupati Yantenglie dengan massa yang kontra dan menuntut Bupati lengser. Juga massa Bupati Yantenglie dengan DPRD Katingan.

Setelah ditetapkan menjadi Plt Bupati Katingan, Sakariyas berpidato di gedung DPRD Katingan, Jumat (9/6/2017), tentang pengantar rancangan peraturan daerah pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2016.

"Pada kesempatan yang berbahagia ini saya ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada pimpinan dan segenap anggota dewan yang terhormat," tutur Sakariyas.

Pasalnya, kata dia DPRD telah memberikan dukungan dan kerjasama yang baik dalam rangka melaksanakan berbagai program dan kegiatan pembangunan, bagi kesejahteraan masyarakat Katingan, serta atas kerjasama dan kerja keras seluruh pihak terhadap rampungnya penyusunan laporan keuangan tahun anggaran 2016.(ABDUL GOFUR/N).

Berita Terbaru