Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Merauke Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Progam Doktor UPR Gaet Mahasiswa Sambil Bukber di Kampus

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 11 Juni 2017 - 00:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan Universitas Palangka Raya (UPR) menfaatkan buka puasa bersama (Bukber) di kampus tersebut untuk mempererat tali silaturahmi sesama mahasiswa yang sudah "duluan" kuliah di tahun pertama, juga sembari digunakan sarana menggaet calon mahasiswa program doktor yang dibuka lagi tahun ini, Sabtu (10/6/2017).

Sejumlah mahasiswa angkatan pertama dilibatkan penuh untuk kegiatan bertajuk kebersamaan ini. Mahasiswa yang kuliah angkatan pertama di kampus Tunjung Nyaho UPR jalan Yos Sudarso ini banyak diantaranya pejabat daerah baik unsur legislatif maupun eksekutif yan masih aktif. Angkatan pertama ini dikoordinir Joko Susanto, slah seorang PNS di Kanwil Kemenag Kalteng.

Beberapa petinggi kampus membaur dengan mahasiswa kala seorang pengelola pendidikan program doktor mempresentasikan kepada sejumlah calon mahasiswa termasuk penulis, terkait alur pendidikan yang akan ditempuh, mata kuliah yang ditawarkan selama kuliah baik yang wajib dan pilihan, legiatan penelitian dan pembimbingan, serta daftar pengajar yang dimiliki UPR untuk mendukung progam ini.

Di UPR, progam doktor sebenarnya bukan hal baru tetapi selama ini adalah program kerjasama dengan universitas lain yang berpusat di Jawa. Tetapi program doktor ilmu lingkungan ini program baru di UPR yang Mandiri pengelolaannya, dan menjadi yang pertama di kalimantan tengah (Kalteng).

"Kita lakukan pelayanan terbaik, agar bisa menghasilkan output lulusan yang lulus tepat waktu. Tapi dengan kualitas tetap terjaga dengan baik. Karena itu kita sebagai jajaran pengelola sinergis dan komunikatif dengan mahasiswa," terang Prof Sih Winarti, Direktur Program Pasca Sarjana UPR.

Syarat program doktor minimal harus ada enam pengajar tetap bergelar profesor jus telah dipenuhi. Keunggulannya rogram doktoral ilmu lingkungan disini, kata dia, karena fokus di ekosistem gambut tropika, dibanding fokus milik IPB, UGM, dan lainnya.

"Kurikulum diterapkan sesuai standar nasional. Profesor yang dilibatkan memberikan sumbangsih terbaik untuk masukan kurikulum," timpal Prof Sulmin Gumiri, mewakili Ketua Program Doktoral, Prof Salampak Dohong.

Sebelum berbuka puasa, sejumlah mahasiswa angkatan pertama didapuk maju ke depan memberikan testimoni, antara lain Lilis Suryani yang merupakan wakil direktur keuangan RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya. Kemudian Rasidi, politisi yang beradu nasib di Pilkada kota Palangka Raya. Terakhir dari Usis, salah satu kepala dinas di Pulang Pisau (Pulpis) yang juga calon kandidat Bupati di Pilkada Pulpis 2018. (ROZIQIN/B-5)

Berita Terbaru