Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Juara II FBIM Buka Peresmian Gedung Teater

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 11 Juni 2017 - 04:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tari pesisir yang menjadi juara II Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2017 Kalimantan Tengah (Kalteng) di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) didapuk menjadi tarian pembuka dalam pembukaan peresmian Gedung Teater Terbuka di Jalan Temanggung Tilung XIII Palangka Raya, Sabtu (10/6/2017) sore.

Peremian gedung teater yang dikelola UPT Taman Budaya pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng itu dirangkai dengan acara berbuka puasa bersama.

Gedung teater ini diresmikan Pejabat Sekda Kalteng Sahrin Daulay mewakili gubernur yang sedang melakukan safari Ramadan di Kabupaten Pulang Pisau.

"Setelah acara buka puasa dirangkai dengan penampilan tari daerah dari sejumlah sanggar," terang Kepala Disbudpar Kalteng Guntur Talajan kepada Borneonews.co.id tadi malam.

Sementara itu penunjukan tari pesisir yang selama ini kurang muncul ke permukaan juga menjadi perhatian gubernur. Beberapa kali gubernur meminta agar ditampilkan tari kolaborasi atau penampilan yang beragam dari beberapa etnis di Kalteng.

Sebab keragaman dan kebersamaan juga harus diwujudkan dalam penampilan seni budaya di beberapa ragam acara pemerintahan, tidak hanya dari etnis Dayak saja.

"Ini agar menunjukkan kita di Kalteng ini memiliki keragaman dan keberagaman dan khazanah budaya yang tidak hanya satu saja, tidak dominasi etnis tertentu saja. Bergantian ditampilkan, karena kita kaya budaya,' tandasnya.

Dalam pentas seni penutupan FBIM di Sampit 23 Mei 2017, Sugianto sempat terkesima saat ditampilkan tari pedalaman yang dikolaborasi dengan tari pesisir.

Saking senangnya, dia langsung menyumbang Rp250 juta untuk pengembangan tari lokal di Kalteng dan dorongan supaya sanggar tari berbenah dan semakin melestarikan warisan leluhur dengan kreasi lebih baik. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru