Aplikasi Pilkada Serentak

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satlantas Polres Kobar Gandeng Komunitas Motor Cegah Balapan Liar

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 11 Juni 2017 - 07:32 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kobar menggandeng komunitas sepeda motor di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, bersama-sama mencegah aksi balapan liar yang tetap menjamur di bulan suci Ramadan 2017. Kegiatan diaplikasikan dengan menggelar Sahur On The Road bersama anak-anak yatim-piatu di Pesantren Muhammadiyah, Minggu (11/6/2017).

Dalam kegiatan itu tidak kurang 200 kendaraan yang tergabung dalam 20 club motor ikut berpartisipasi. Kegiatan sahur bareng itu juga dirangkai dengan salat subuh berjamaah. Usai bersembahyang secara simbolis Kasat Lantas Polres Kobar mewakili komunitas motor memberikan bingkisan kepada pengurus Pesantren Muhammadiyah Pangkalan Bun.

Kasat Lantas Polres Kobar, AKP Asdini Pratama Putra kepada Borneonews mengatakan, kegiatan sahur on the road bersama komunitas motor dilaksanakan ada beberapa tujuan. Di antaranya sebagai pembinaan satuan lalu lintas Kabupaten Kotawaringin Barat kepada komunitas motor untuk mengajak mereka melakukan kegiatan yang positif.

"Jadi yang selama ini melakukan kegiatan negatif itulah yang ingin kami arahkan dan kami ubah dengan menggalang mereka ikut dalam kegiatan sahur on the road ini," kata Asdini.

Kemudian kata Asdini kegiatan sahur on the road ini juga banyak sekali manfaatnya seperti membangunkan masyarakat yang akan mempersiapkan hidangan makan sahur bagi keluarganya. Manfaat lainnya, mengajak para komunitas motor melaksanakan ibadah salat subuh serta ikut berbagi bersama anak yatim di Pesantren Muhammadiyah.

"Ini juga bentuk pencegahan kepada anak-anak untuk tidak ugal-ugalan di jalan raya dan kami akan memberikan contoh yang baik dalam berkendaraan," cetusnya.

Usai melaksanakan santap sahur bersama dan salat subuh, Kasat Lantas mengajak seluruh komunitas yang hadir untuk mengikuti rolling city dengan mengambil rute pendek dengan melewati jalan Sutan Syahrir - Jalan Hasanudin - Jalan Pangeran Antasari - Jalan Udan Said - Jalan Paku Negara - Jalan Diponegoro dan berakhir finis di jalan Sutan Syahrir.

Kemudian ratusan kendaraan tersebut di parkir sepanjang jalan Sutan Syahrir dan Kasat menghimbau agar apabila ada aksi balapan agar jangan menghalangi ataupun mengejar pelaku balapan karena dapat membahayakan mereka. Cukup disoraki agar mereka malu, hal itu sebagai bentuk hukuman moral kepada pelaku balapan. (KOKO SULISTYO/N).

Berita Terbaru