Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hampir Sepekan Kuala Kurun Tak Diguyur Hujan

  • 11 Juni 2017 - 14:56 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Hampir sepekan terakhir ini, Kuala Kurun ibu kota Kabupaten Gunung Mas (Gumas) tidak diguyur hujan. Menurut sejumlah masyarakat yang ditemui Borneonews, kondisi ini menandakan akan datangnya musim kemarau.

"Nampaknya sudah jarang hujan. Memang dua hari lalu ada hujan lokal di wilayah Kelurahan Tambang Tumbang Anjir, namun hanya sebentar," kata Wawanson (57) salah seorang warga Kuala Kurun ketika ditemui Borneonews di kediamannnya, Minggu (11/6/2017).

Menurutnya, biasanya bila sudah musim hujan. Hujan akan turun dalam kurun waktu satu atau dua hari. Disamping itu, sungai sering meluap. Namun, dalam sepekan ini, sungai-sungai surut. Artinya, wilayah Kabupaten Gunung Mas sudah memasuki musim kemarau.

Warga lainnya, Marliati (45) menuturkan, biasanya pada Bulan Mei atau Juni sudah masuk musim kemarau. Untuk itu, masyarakat juga harus waspada terhadap kebakaran hutan dan lahan. Mengingat, lahan-lahan sudah mulai kering dan sangat rawan terjadi kebakaran.

"Waspada saja untuk mengantisipasi kebakaran. Terutama, kebun karet mau pun lahan yang banyak tanaman buah-buahan," cetus dia. (EPRA SENTOSA/B-8)


TAGS:

Berita Terbaru