Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Teluk Wondama Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menpora Bersama Ribuan Warga Kutai Kartanegara Ramaikan Gowes Pesona Nusantara

  • Oleh Nazir Amin
  • 12 Juni 2017 - 06:36 WIB

BORNEONEWS, Tenggarong - Menpora Imam Nahrawi bersama ribuan warga Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur ramaikan Gowes Pesona Nusantara 2017. Didampingi istri Shobibah Rohmah bersama Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari, Menpora melepas peserta GPN yang melintasi Tenggarong, Kutai Kartanegara, Minggu (11/6/2017) sore. 

Dalam rilis yang diterima Senin (12/6/2017), Kepala Biro Humas dan Hukum Kemenpora, Amar Ahmad menjelaskan, GPN, salah satu program unggulan Kemenpora Tahun 2017 sekaligus menjadi Gerakan Nasional Ayo Olahraga untuk menjadi  gaya hidup masyarakat modern yang merata seluruh kota. Antusiasme tinggi dari masyarakat Tenggarong nampak jelas dengan hadirnya ribuan para goweser. 

Puasa Ramadan 1438 Hijriyah, tidak menyurutkan Menpora untuk memberi contoh dan menggelorakan semangat dengan ikut bersepeda pada etape 'Senja di Kota Raja'. Zona Kukar ini menjadi rangkaian lanjutan GPN setelah dibuka secara resmi di Titik Nol Kilometer, Sabang, Aceh, pertengahan Mei lalu dan secara serentak di titik lainnya yaitu Tarakan, Atambua, dan Merauke. 

"Kutai Kartanegara mencatat rekor tersendiri bahwa event Gowes Pesona Nusantara dilaksanakan yang pertama kali saat sedang puasa Ramadan, artinya masyarakat Kota Raja siap dalam kondisi apapun untuk tetap berolahraga," kata Menpora.

Hadir Plt. Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Jonni Mardizal, Asdep Pengelolaan Pembinaan Sentra dan Sekolah Khusus Olahraga Teguh Raharjo, Asdep Pengelolaan Olahraga Rekreasi Hamka Hendra Noer, Forkompinda dan Kadispora Kukar Awang Ilham.

Gowes menempuh perjalanan sejauh 11 km, yang dimulai dan diakhiri di Creative Park Tenggarong. Ini salah satu titik kumpul kawula muda dan 1.335 para pegowes, dengan perjalanan mengayuh kereta angin menyusuri tempat-tempat wisata Pesona Kerajaan Tertua Nusantara yang terletak di sepanjang Sungai Mahakam. 

GPN menjadi bagian Ayo Olahraga, selain program unggulan juga merupakan gerakan masif menindaklanjuti Intruksi Presiden tentang Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), oleh karenanya tidak ada alasan bagi kita semua untuk turut serta mensukseskan. Gowes Pesona Nusantara ini, kata Menpora, melanjutkan intruksi Presiden tentang Gerakan Masyarakat Sehat.

"Semoga dari tempat ini akan lahir kebijakan nasional untuk Hari Gowes Nasional, satu hari penuh berkendara sepeda di luar car freeday agar semua menjadi sehat dan bugar, dan Kukar menjadi contoh yang menginspirasi bersama 90 daerah lain," harap Menpora. 

Sementara, Bupati Kukar Rita Widyasari menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas program Kemenpora ini, semoga dapat mendorong masyarakat semakin mencintai olahraga. "Apresiasi tinggi saya sampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara atas kehadiran Pak Menpora, semoga seluruh aktivitas olahraga semakin dicintai masyarakat."

Gowes Pesona Nusantara 2017 dijadwalkan berlangsung di 90 kabupaten/kota di berbagai penjuru Indonesia dengan peserta para atlet dan juga masyarakat umum. Finis secara nasional, 9 September 2017 bertepatan dengan Hari ke-34 Olahraga Nasional, dipusatkan di salah satu keajaiban dunia Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. (KEMENPORA/cah/N).

Berita Terbaru