Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Maksud dan Tujuan Pendidikan Berlalu Lintas Dimasukkan Dalam Mata Pelajaran PKn

  • 12 Juni 2017 - 10:42 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Gunung Mas Agung menuturkan, ada dua maksud dan tujuan pendidikan berlalu lintas di sekolah dimasukan pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) dan kedepan menjadi bagian dari kurikulum.

Pertama, menanamkan dan memberikan pemahaman akan pentingnya keselamatan diri dan orang lain melalui melalui budaya, nilai, norma, moral dan etika berlalu lintas sejak dini. Melalui pengintegrasian pendidikan lalu lintas ke proses pembelajaran, khususnya mata pelajaran PKn.

"Kedua, untuk memberikan pengetahuan kepada anak usia sekolah tentang sejumlah tanda atau rambu lalu lintas. Dengan harapan nantinya para pelajar dan anak-anak mampu mengetahui dan mematuhi aturan saat berlalu lintas," ujar Agung ketika menyampaikan sambutan pada kegiatan Deseminasi Model Pembelajaran Pendidikan Lalu Lintas Terintegrasi Pada Mata Pelajaran PKn di Aula Patriatama Polres Gunung Mas, Senin (12/6/2017).

Ketiga, menanamkan sikap disiplin pada anak-anak, melatih kreativitas dan memberikan gambaran tugas kepolisian di mata masyarakat. Serta mengajak untuk senantiasa disiplin dalam berlalu lintas, guna terciptakan situasi keamanan, keselamatan, dan ketertiban berlalu lintas.

"Dengan dimasukannya pembelajaran pendidikan lalu lintas pada kurikulum sekolah yang terintegrasi pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Kita berharap tertanam sikap disiplin dan tertib berlalu lintas sejak usia dini," kata Agung. (EPRA SENTOSA/B-3).

Berita Terbaru