Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumenep Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tiap RT Perlu Diberlakukan Iuran Sampah

  • Oleh Supri Adi
  • 12 Juni 2017 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Penanganan sampah tidak akan berhasil jika hanya dilakukan oleh pemerintah sendiri tanpa ada dukungan dari masyarakat. Atas dasar itu perlu ada kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam menanggulangi sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Murung Raya Pujo Sarwono mengatakan, salah satu upaya penanganan sampah dengan diberlakukannya iuran sampah di tiap RT di Kota Puruk Cahu.

"Sampai saat ini belum ada yang melakukan ini di Kota Puruk Cahu dan hanya mengandalkan petugas kebersihan yang sudah disediakan oleh pemerintah. Kalau mau masalah sampah ini teratasi solusi tersebut bisa dilakukan," ungkap Pujo, Senin (12/6/2017).

Pujo menyampaikan, kesadaran masyarakat Mura dalam penanganan sampah masih kurang. Terbukti, masih banyak warga yang buang sampah sembarangan.

"Lihat saja di tempat pembuangan sampah (TPS), banyak sampah yang tidak dimasukan di tempat yang seharusnya. Bila di tiap RT diberlakukan iuran sampah maka mereka hanya perlu meletakkan sampah di depan rumah dan akan langsung diambil oleh petugas yang digaji dari hasil iuran itu," tambah Pujo. (SUPRIADI/B-2)


TAGS:

Berita Terbaru