Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Dharmasraya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Lamandau Ajak Masyarakat Nabung Akhirat Untuk Bangun Rumah Ibadah

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 13 Juni 2017 - 09:40 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Wakil Bupati Lamandau Sugiyarto menyebut jika semua pembangunan rumah ibadah selalu bergantung pada bantuan dari pemerintah daerah, tentu bakal sulit terealiasi. Pasalnya, anggaran yang dimiliki daerah saat ini tidak besar. Sehingga tidak mungkin dapat mengkover semua keperluan pembangunan rumah ibadah.

Untuk hal itu, dirinya mengajak semua elemen masyarakat agar menghidupkan lagi budaya gotong royong dengan pola 'tabungan akhirat'. Ajakan itu disampaikan Wakil Bupati Sugiyarto saat ditemui Borneonews, Senin (12/6/2017).

Ia menurutkan, yang dimaksud dengan tabungan akhirat ialah semua elemen masyarakat bergotong royong baik dalam mengumpulkan pendanaan maupun proses pembangunan fisiknya.

"Untuk bangun masjid di kampung-kampung atau di desa-desa misalnya, silakan dirembug. Kemudian niatkan kita nabung akhirat dengan bersedekah atau urunan (iuran) semampunya. Terutama saya sarankan pola ini harus diinisiasi oleh kelompok masyarakat yang memiliki kemampuan atau harta lebih. Silahkan jadi penggagas, tidak harus mengandalkan batuan dari pemerintah daerah untuk memulai pembangunannya," katanya.

Wakil Bupati Lamandau dua periode itu menurutkan, selama beberapa tahun terakhir, khususnya dalam setiap Safari Ramadan, masyarakat selalu mengusulkan bantuan pembangunan rumah ibadah.

"Bukan kami (pemkab) tidak ingin (membantu dana). Kalau bantu tentu kami upayakan bantu semampunya. Tapi kalau setiap desa harus kita bangun semua dengan anggaran daerah yang sedikit ini kan tidak mungkin juga. Sehingga harus menjadi maklum bagi semuanya. Makanya saya harap sistem nabung akhirat dalam membangun rumah ibadah ini harus kita hidupkan di masyarakat. Jangan takut, amal baiknya akan kita tuai sebagai ibadah baik kita, asalkan ikhlas lillahi ta'ala."

Wakil Bupati turut menegaskan, setiap tahun Pemkab Lamandau tidak pernah alfa dalam memperhatikan pembangunan fasilitas ibadah. Bahkan anggaran miliaran rupiah selalu digeleontorkan untuk rumah ibadah. Demikian pula dengan tahun ini, tidak kurang dari Rp7 miliar dialokasikan untuk membantu pembangunan beberapa masjid di daerah perkotaan. (HENDI NURFALAH/B-3)

Berita Terbaru