Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Korem 102/Pjg Gelar Apel Kesiapan Latihan Penanggulangan Bencana Alam

  • Oleh Budi Yulianto
  • 13 Juni 2017 - 12:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Korem 102/Panju Panjung menggelar Apel Kesiapan Latihan Penanggulangan Bencana Alam, Selasa (13/6/2017). Apel dipimpin Danrem 102/Pjg Kolonel Arm M Naudi Nurdika.

Dalam amanatnya, Danrem mengatakan bahwa latihan kali ini merupakan tindak lanjut dari latihan posko 1 atau penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan yang digelar selama tiga hari sejak Rabu (7/6/2017).

"Latihan ini nanti akan berpusat di Korem. Jadi ini merupakan kelanjutan dari latihan posko 1. Jika pada posko 1 hanya di atas kertas, tapi ini sudah di lapangan," kata Kolonel Arm Naudi.

Selain TNI, apel tersebut juga diikuti anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Manggala Agni, serta Satpol PP. Rencananya, latihan akan berlangsung selama empat hari.

"Dalam latihan ada kegiatan teori dan praktik. Nanti pemberian materi juga ada dari BMKG, BPBD, Korem, dan Polda dari sisi penegakan hukumnya. Untuk kegiatan aplikasi bagaimana cara memadamkan api bersama akan berlangsung di (Kelurahan) Kalampangan (Kecamatan Sabangau)," ungkap Danrem.

Ia melanjutkan, latihan kali ini berlatarbelakang dari musibah kebakaran hutan dan lahan pada 2015. Yang mana saat itu Kalteng diselimuti kabut asap pekat yang membawa berbagai dampak negatif. "Oleh sebab itu, atas dasar latar belakang tersebut kita perlu menyiapkan secara dini, khususnya yang tergabung dalam tim satuan tugas (Satgas) Karhutla," bebernya.

"Kegiatan ini menuntut kita untuk lebih siap dalam mengantisipasi karhutla. Upaya penanggulangan harus dilakukan secara terpadu dan terkoordinasi dengan baik," pungkasnya. (BUDI YULIANTO/B-3)

Berita Terbaru