Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kesadaran Masyarakat untuk Mendaftar BPJS Kesehatan masih Minim

  • 13 Juni 2017 - 17:18 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kesadaran masyarakat untuk mendaftarkan diri menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) masih minim. "Dari data cakupan Kepesertaan JKN ' KIS di wilayah Kabupaten Kapuas sampai dengan Bulan Mei 2017 masih di bawah standar," kata Kepala BPJS Cabang Palangka Raya Fitria Nurlaila saat Rapat Koordinasi Pengelolaan JKN - KIS di Kabupaten Kapuas, Senin (13/6/2017).

Berdasarkan data BPJS Kesehatan pada Mei 2017, Kabupaten Kapuas hanya memiliki total cakupan peserta 158.031 jiwa atau 38,83%. Sedangkan total yang belum menjadi peserta 248.988 jiwa atau 61,17%.

Menurut Fitria, Kabupaten Kapuas menempati posisi tiga terbawah dari kabupaten lain yang ada di wilayah Kalimantan Tengah dalam cakupan kepesertaan JKN ' KIS. Selain itu, dari data capaian Badan Usaha (BU) yang berada di Kabupaten Kapuas, dari total Badan Usaha sebanyak 118, yang sudah terdaftar baru 74 badan usaha atau 62,7 %.

"Kami dari BPJS Kesehatan berharap kepada Pemerintah Kabupaten Kapuas untuk menginstruksikan kepada masyarakat mampu untuk mendaftarkan diri dan keluarga dalam Program JKN ' KIS melalui segmentasi PBPU/Pekerja Mandiri," harap Fitria.

Fitria juga berharap, pemerintah menyediakan kuota tambahan peserta PBI atau Jamkesda. Terutama bagi penduduk yang tinggal di daerah dengan keterbatasan akses komunikasi dan transportasi serta mengalihkan peserta menunggak kelas 3 yang tidak mampu bayar iuran sebagai peserta PBI Kabupaten Kapuas. (DJIMMY NAPOLEON/B-2)

Berita Terbaru