Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua DAD: Pembangunan Rumah Betang Tahun Depan Harus Mulai

  • Oleh James Donny
  • 14 Juni 2017 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Pulang Pisau Edvin Manadala mendesak pembangunan rumah betang dimulai pada 2018. Sebab, pembangunan itu pembangunan itu tidak terealisasi pada tahun ini. "Tahun depan itu sudah harus mulai," kata Edvin Manadala, Rabu (14/6/2017).

Dia mengatakan, tahun depan masih merupakan program Edy-Taty dan ada peluang untuk membangun rumah betang sebagaimana yang telah dijanjikan dalam visi dan misinya. "Lahan sudah tersedia dekat Polres," kata pria yang juga anggota DPRD Pulang Pisau ini.

Menurut Edvin, rumah betang merupakan ikon budaya yang harus dimiliki daerah. Hingga saat ini, pemerintah daerah di kabupaten lain sudah membuat rumah betang sebagai ikon di daerahnya.

Rencana pembangunan rumah betang ini disambut baik para tokoh adat di kecamatan. Damang adat Kecamatan Jabiren Raya, Saiful, menyambut baik program-program Pemkab untuk memberikan perhatian cukup besar bagi pembangunan di bidang kebudayaan.

Menurutnya, kelembagaan adat dayak yang berfalsafah rumah betang bukan hanya sekadar simbol. Akan tetapi sangat penting untuk mengatur setiap sendi kehidupan masyarakat sehingga yang tinggal di tanah Kalimantan bisa menghormati kearifan lokal yang sudah ribuan tahun dan diwariskan turun temurun dalam mengatur kehidupan masyarakat Dayak. (JAMES DONNY/B-2)

Berita Terbaru