Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Visi Misi Damang Ketapang Maju Sebagai Calon Ketua DAD

  • Oleh Naco
  • 14 Juni 2017 - 21:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Damang Kepala Adat Kecamatan MB Ketapang, M Jais Kurdi membawa visi misi perubahan, mencalonkan diri sebagai Ketua Dewan Adat (DAD) Kabupaten Kotim.

Menurut Jais, visinya ingin mewujudkan kelembagaan adat dayak yang kokoh, profesional, aspiratif, berkualitas, bertanggung jawab dan bermartabat dengan berlandaskan falsafah Huma Betang dan Belom Bahadat.

Sementara misinya ingin mengembalikan fungsi dan kewenangan DAD Kabupaten Kotim yang selama ini berubah fungsi menjadi lembaga peradilan adat dayak kepada fungsi dan kewenangan semula.

Itu dilakukan sesuai Perda Nomor 6 Tahun 2012 sebagai lembaga adat dayak yang mengemban tugas dari majelis adat dayak nasional dan provinsi. Selain itu sebagai lembaga kordinasi dan supervisi bagi DAD Kecamatan dan Kedamangan.

"Demi membantu kelancaran tugas Damang bidang pemberdayaan, pelestarian, pengembangan, adat istiadat, tradisi, dan hukum adat dayak di Kotim," kata Jais, Rabu (14/6/2017).

Serta Jais juga jika terpilih akan memperjuangkan nasib dan kesejahteraan para perangkat adat kepada pemda agar memperoleh perlakuan sama dengan lembaga pemerintah di tingkat masing-masing.

"Serta mengoptimalkan fungsi dan peran DAD kecamatan, desa, kelurahan, damang dan mantir di wilayah masing-masing," kata mantan Wakil Ketua DAD Kotim itu.

Selain itu ingin meningkatkan kembali kesadaran perangkat adat akan pentingnya nilai-nilai hukum adat dayak, menjalin kerjasama yang baik dengan semua instansi di lingkungan Pemkab Kotim. Serta bersinergi dengan investor yang berinvestasi di Kotim guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Dayak.

"Selain itu kami juga akan mengawal perjuangan masyarakat adat Dayak melalui program kelompok tani Dayak Misik," pungkas Jais. (NACO/B-11)

Berita Terbaru