Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jelang Lebaran, BPJS Kesehatan Permudah Prosedur Pelayanan

  • Oleh Ramadani
  • 15 Juni 2017 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh 'Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah, Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cabang Muara Teweh mempermudah prosedur pelayanan kesehatan bagi para pemudik.

Kepala Unit Manajemen Pelayanan Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh Basnah kepada Borneonews mengatakan, kemudahan tersebut diberikan sebagai wujud kepedulian terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan.

Basnah menuturkan, para peserta Jaminan Kesehatan Nasional'Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang sedang mudik Lebaran pada tahun ini, dijamin bisa memperoleh pelayanan kesehatan dengan proseduryang lebih sederhana. Oleh karena itu, para peserta JKN-KIS yang sedang mudik diimbau untuk selalu membawa kartu JKN-KIS atau kartu BPJS Kesehatan, kartu Askes, Kartu Jakarta Sehat (KJS), dan kartu Jamkesmas.

'Peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Untuk prosedurnya, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,' kata Basnah saat konferensi pers bertema Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan di Media Center BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh, Kamis (15/6/2017).

Disampaikan Basnah, bahwa kebijakan penyederhanaan prosedur pelayanankesehatan tersebut berlaku sejak 19 Juni 2017 sampai dengan 2 Juli 2017.

Dengan diterapkannya kebijakan tersebut, peserta JKN-KIS yang sakit pada saat perjalanan mudik ataupun telah sampai ke tujuan tinggalnya, tidak harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Kebijakan tersebut mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan.

'Penting diketahui bahwa pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang sedangmudik dan status Kepesertaan aktif. Karena itu, mohon agar peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif. Untuk mengecek iuran peserta, dapat dilakukan melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile pada Menu Cek Iuran. Sedangkan untuk daftar fasilitas kesehatan dapat dilihat di website BPJS Kesehatan, aplikasi BPJS Kesehatan Mobile atau melalui Care Center BPJS Kesehatan 1500400,' sebutnya. (RAMADHANI/B-3)

Berita Terbaru