Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Binjai   Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lampeong II Tuan Rumah Rakor Damang Seluruh Barito Utara

  • Oleh Ramadani
  • 15 Juni 2017 - 18:52 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Desa Lampeong II Kecamatan Gunung Purei, Kabupaten Barito Utara (Barut) sebagai tuan rumah tempat digelarnya konsultasi publik kemajuan proses usulan kawasan hutan lindung Lampeong-Gunung Lumut menjadi Taman Nasional dan Rapat Koordinasi (Rakor) Damang Kepala Adat serta kerapatan mantir adat, Kamis (15/6/2017).

'Masyarakat Gunung Purei dengan masyarakat Barito Utara, yang bersama-sama memiliki cita-cita mulia sejak 10 tahun yang lalu untuk mengusulkan kawasan Hutan Lindung Lampeong-Gunung Lumut menjadi Taman Nasional,' kata Bupati Barito Utara, Nadalsyah saat membuka kegiatan.

Dimana, cita-cita tersebut yang lahir dari rasa tanggung jawab untuk melindungi ekosistem hutan penyangga, perlindungan keanekaragaman hayati yang unik, yang memiliki nilai-nilai estetika dan budaya yang berkaitan dengan kawasan hutan sakral, serta mempertahankan kualitas lingkungan hidup.

'Sekarang ini sudah saatnya bagi kita untuk menentukan metode yang tepat terhadap upaya pelestarian sumber daya alam hayati khususnya kawasan konservasi sebagai faktor yang essensial bagi pembangunan berkelanjutan melalui pemeliharaan proses ekologi yang penting dan sistem yang mendukung kehidupan,' jelasnya.

Kemudian pemanfaatan jenis flora fauna dan ekosistem secara berkelanjutan, sehingga sumber daya alam tetap dirasakan manfaatnya dari generasi ke generasi.

'Oleh karenanya sangat tepat kegiatan konsultasi publik hari ini bertepatan bersama dengan rakor para damang serta mantir, karena kita semua wajib mendukung penyelamatan kawasan konservasi dalam bentuk apapun namanya taman nasional yang ditetapkan pemerintah berdasarkan undang-undang,' katanya. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru