Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kedamangan Miliki Peran Penting Bagi Kehidupan Masyarakat Dayak

  • Oleh Ramadani
  • 15 Juni 2017 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Lembaga kedamangan memiliki peran penting bagi kehidupan dan keberadaan masyarakat adat dayak.

Hal ini disampaikan Bupati Barito Utara, H Nadalsyah, Kamis (15/6/2017) saat memberikan sambutan pada kegiatan konsultasi publik kemajuan proses usulan kawasan hutan lindung Lampeong-Gunung Lumut menjadi Taman Nasional dan rapat koordinasi (Rakor) Damang Kepala Adat serta kerapatan mantir adat seluruh Kecamatan Gunung Purei.

Sehingga kata Nadalsyah perlu dilestarikan dikembangkan dan diberdayakan dengan memberikan kedudukan, kewenangan, tugas, fungsi dan peranan yang memadai sesuai dengan perkembangan dan tuntutan daerah otonom dalam bingkai NKRI.

Menurutnya, lembaga kedamangan yang telah tumbuh dan berkembang bersamaan dengan sejarah masyarakat adat Dayak dengan wilayah hukum adatnya, serta didukung dan dibantu melalui dan oleh keberadaan kelembagaan adat Dayak lainnya yaitu Dewan Adat Dayak.

Dimana Dewan Adat Dayak dapat dipandang sebagai lembaga sentral yang bertanggung jawab penuh atas tetap lestari, berdaya guna dan berkembangnya hukum adat Dayak, adat istiadat dan kebiasaan positif dalam kehidupan masyarakat adat dayak di Kabupaten Barito Utara. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru