Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kaimana Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Sosial Gunung Mas Siap Fasilitasi Relokasi Desa Rawan Bencana

  • 16 Juni 2017 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Gunung Mas Budhy mengatakan, pihaknya siap mendorong dan memfasilitasi desa yang merupakan rawan bencana untuk direlokasi ke wilayah aman.

"Kami dari Dinas Sosial Kabupaten Gunung Mas berupaya mendorong masyarakat kita yang terkena banjir untuk direlokasi. Melalui PSM (pekerja sosial masyarakat) dan TKSK (tenaga kesejahteraan sosial kecamatan) yang ada di desa, kelurahan, dan kecamatan, untuk melakukan pendataan," ujar Budhy kepada Borneonews, Jumat (16/6/2017).

Ia menuturkan, daerah rawan bencana di antaranya Desa Sare Rangam di Kecamatan Tewah, Desa Sei Riang di Kecamatan Kahayan Hulu Utara, Desa Tumbang Miwan, Desa Tewang Pajangan, Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, dan Desa Tanjung Riu di Kecamatan Kurun, serta masih ada beberapa desa lainnya. "Desa-desa tersebut merupakan daerah rawan mencana banjir dan tanah longsor."

Budhy menyebutkan, ada dua desa di Kabupaten Gunung Mas yang akan direlokasi dan telah mendapat persetujuan Kementerian Sosial. Yakni Desa Tumbang Lampahung di Kecamatan Kurun dan Desa Tumbang Bunut di Kecamatan Rungan. "Diharapkan relokasi bisa terealisasi tahun ini," ucapnya. (EPRA SENTOSA/B-3)

Berita Terbaru