Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mulai Tahun Ini Semua Alsintan Gunakan Sistem Sewa

  • Oleh Ramadani
  • 16 Juni 2017 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara pada tahun ini tidak lagi menyalurkan alat mesin pertanian (alsintan) kepada para petani dengan sistem hibah. Tetapi menggunakan sistem sewa.

Kepala Dinas Pertanian Barito Utara Setia Budi mengatakan, alsintan yang disewakan akan dikoordinasi petugas bidang prasarana sarana pertanian (PSP).

Menurutnya, alasan alsintan itu disewakan, pertama peralatan itu membutuhkan biaya operasional. Kedua, untuk biaya perbaikan bila terjadi kerusakan. Ketiga, untuk menggali pendapatan asli daerah (PAD). Pasalnya, dua intansi yang paling diandalkan Pemkab Barito Utara dalam mendongkrak PAD yakni Dinas Pertambangan dan Dinas Kehutanan sudah ditarik ke pemerintah provinsi.

'Maka dari itu, setiap daerah harus membuat kebijakan dalam menggali potensi pendapatan asli daerah. Namun semua itu masih kami kaji terlebih dahulu mengenai kemampuan para petani terhadap biaya sewa alat mesin pertanian tersebut.'

Sebab berdasarkan pengalaman, peralatan pertanian yang diserahkan secara hibah kepada kelompok tani cendrung kurang terawat. Sehingga sering rusak ketika hendak dioperasikan. Bahkan bisa diperjualbelikan oleh anggota kelompok tani. 'Oleh sebab itu, alsintan ini dikelola oleh Dinas Pertanian melalui bidang PSP,' pungkasnya.(RAMADHANI/B-3)

Berita Terbaru