Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toli-Toli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desain Bundaran Besar Sudah Muncul Empat Nominator

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 16 Juni 2017 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Desain Monumen Bundaran Besar di Kota Palangka Raya, Ibukota Kalimantan Tengah (Kalteng) yang disayembarakan, sudah mulai ada titik terang. Sebanyak empat nominator disimpulkan juri yang berjumlah 12 orang, memenuhi kriteria tema yang ditentukan.

Desain Monumen Bundaran Besar, mengusung tema keberagaman dalam budaya leluhur sesuai falsafah hidup masyarakat Kalteng dengan Budaya Huma Betang yang selaras dengan Pancasila.

Kriteria penilaian dalam sayembara itu memperhatikan 25% kesesuaian tema, 20% kandungan nilai seni, filosofi dan karakter, 20% kreatifitas dan keaslian ide desain, 20% kalayakan realisasi dan 15% edukatif.

'Tahapan sayembara yang dimulai sejak 5 Mei 2017 yang lalu hingga 10 Juni 2017 telah mendapatkan empat karya terbaik hasil penilaian 12 orang dewan juri. Kami tidak ikut teralu jauh dalam proses tersebut, biarlah tim juri yang menilai secara fair, kami nanti akan mematangkan konsep tersebut sebelum direalisasikan nantinya,' kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalteng Leonard S Ampung kepada Borneonews, Jumat (16/6/2017).

Leonar mengungkapkan, 12 juri tersebut mewakili sejumlah unsur. Yaitu sejumlah rektor sebagai unsur akademisi, sejumlah tokoh adat Kalteng, dan sejumlah dosen teknik dan arsitektur dari beberapa universitas. Harapannya, akan mendapat penilaian dari beberapa sudut pandang.

'Dari keempat karya terbaik ini selanjutkan dilakukan penjurian tahap II pada tanggal 19 Juni 2017 mendatang. Mereka akan presentasikan desain dan falsafah yang dibangun dari desain yang diajukan,' pungkas Leo. (ROZIQIN/B-5)

Berita Terbaru