Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Minta Kepala Bakeuda Kalteng Menghadap Wagub

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 17 Juni 2017 - 05:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran dalam arahannya usai melantik sejumlah pejabat, Kamis (15/6/2017), memberikan beberapa penekanan khusus kepada Nuryakin. Mantan Wakil Bupati Murung Raya, yang berhasil menjabat Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kalteng hasil proses lelang jabatan itu, diminta gubernur menghadap wakil gubernur.

'Pak Nuryakin, bapak sudah dipanggil Pj Sekda. Nah, bapak silakan sowan ke pak Wagub (Habib Said H. Ismail), sebab itu adalah juga pimpinan bapak,' ungkap Sugianto.

Gubernur Sugianto ingin menujukkan garis kepemimpinan Kalteng. Ia mengatakan, pimpinan di Pemprov selain dirinya adalah Wagub Habib Said Ismail. Selain itu, secara birokrasi, pimpinannya adalah sekretaris daerah (Sekda). Cara itu, menunjukkan loyalitas kepada pimpinan.

Ada hal unik lainnya. Sugianto juga bertanya kepada Nuryakin apakah Gubernur atau Wagub ataupun Sekda dan pihak lain yang meminta sejumlah uang agar memuluskan ia ikut dilantik Pertanyaan yang sama juga dialamatkan kepada 11 pejabat eselon II yang dilantik, adakah yang diminta uang dalam proses lelang jabatan untuk memuluskan jalan mereka. Semua menjawab tidak ada.

Hal berikutnya, memaksimalkan kinerja bidang pengelolaan keuangan dan aset. Gubernur ingin menargetkan seluruh daerah di Kalteng meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK RI perwakilan Kalteng. Perolehan WTP tiga kali berturut-turut di Pemprov Kalteng, sambung Sugianto, bukanlah hasil jerih payah seseorang apalagi disebut sebagai prestasi Gubernur dan Wagub.

'Ada 13 kabupaten/kota sudah meraih WTP. Semoga ke depan bisa semuanya daerah di Kalteng ini mendapat opini WTP. Raihan opini WTP Pemprov, itu bukan prestasi gubernur dan wagub. Bahkan karena masih ada 1 WDP, maka belum disebut luar biasa. Saya juga ingin menekankan, dengan capaian WTP, tidak ada pungli di lingkup Pemprov,' tambah Sugianto.

Sebelumnya, gubernur mewanti-wanti Nuryakin, wakil bupati (Wabup) Murung Raya periode 2008-2013, supaya jangan tidur, dalam enam bulan kinerjanya harus menunjukkan hasil. Nuryakin adalah pejabat baru lingkup Pemprov. Kepala badan pengelola keuangan dan aset daerah (BPKAD) Kabupaten Barito Utara ini mengalahkan Kaspinor, yang selama ini dipercaya gubernur untuk menjabat pelaksana tugas (Plt) Bakeuda Kalteng. (ROZIQIN/N).

Berita Terbaru