Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Kartanegara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pokmawas Perikanan di Tingkat Masyarakat Sangat Penting

  • Oleh Testi Priscilla
  • 18 Juni 2017 - 08:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Sugianor mengatakan bahwa masyarakat Kota Palangka Raya perlu membentuk Kelompok Masyarakat Pengawas (pokmawas) Perikanan. Hal ini menurutnya penting mengingat luasnya perairan Kota Palangka Raya sehingga peran masyarakat sangat diperlukan untuk mengawasi hasil perikanan di Kota Cantik ini.

"Area perairan di wilayah kita ini terdiri dari dua sungai besar dan 118 danau dan sejumlah kawasan rawa. Pokmawas diperlukan untuk menjaga ekosistem di area perairan dari praktik illegal fishing," ungkap Sugianor kepada Borneonews, Minggu (18/6/2017).

Menurutnya, karena luasan area potensi perikanan dan terbatasnya jumlah personel pemerintah inilah dinilai sangat penting peran masyarakat, salah satunya dengan membentukan pokmawas.

"Kelompok yang ada saat ini juga belum representatif dengan area pengawasan, maka tentu perlu jumlah besar," tambah Politisi PKB ini.

Sebelumnya, Kabid Perikanan Tangkap, Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Jubaedah mengatakan bahwa di Palangka Raya ada sebanyak 13 pokmawas yang telah terbentuk.

"12 di antaranya sudah dikukuhkan Wali Kota, yang satu belum. Kami rasa pokmawas ini perlu untuk memantau praktik penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan. Kalau dibiarkan terus tentu akan berakibat pada menurunnya populasi ikan. Imbasnya akan sampai pada pendapatan warga yang menggantungkan hidupnya dari sektor perikanan tangkap.

Untuk itu, peran pokmawas sebagai garda terdepan pegawasan sangat penting, apalagi mereka juga yang paling merasakan akibat jika jumlah ikan berkurang," tutur Jubaedah. (TESTI PRISCILLA/B-8)

Berita Terbaru