Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banjar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Musala Al Danidra Dibangun Bergaya Eropa, Berkubah Emas dan Dikelilingi Kolam

  • Oleh Uriutu
  • 18 Juni 2017 - 17:06 WIB

BORNEONEWS, Buntok ' Musola Al Danindra yang berada di lingkungan Pengadilan Negeri Buntok, Kabupaten Barito Selatan, dibangun bergaya Eropa, berkubah emas, dan dikelilingi kolam. Musala itu bahkan disebut-sebut menjadi salah satu musala terindah di Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus. 

Kepala Pengadilan Negeri Buntok, Praditya Danindra, mengatakan, di dalam musala terdapat lukisan pelangi, beberapa planet di tata surya seperti pluto, mars, markurius, saturnus, uranus, venus, dan jupiter. Serta lukisan terjadinya gerhana matahari dan matahari terbit serta matahari terbenam.

'Semua itu kita gambarkan bahwa Allah SWT sudah memberikan segalanya kepada umat manusia. Ini kita wujudkan dalam musala yang indah ini,' kata Praditia Danindra kepada Borneonews, Minggu (18/6/2017).

Dasar folosofi pembangunan musala ialah Pancasila, khususnya sila pertama butir kedua yang mengartikan kebebasan umat beragama menjalankan ibadah.

Kemudian, landasan yuridisnya berdasarkan Surat Al Jariat 56 yang berbunyi. "Dan tidak Aku (Allah) ciptakan dan manusia melainkan untuk beribadah kepada Ku' (Allah)." Serta Surat Al Kautsar 52 yang berbunyi, "Dirikan salat dan berkorbanlah."

'Dengan yuridis dan filosofi tersebut maka kita mendirikan Musala Al Danindra ini,' sebut dia.

Sedangkan landasan sosiologis pembangunan musala itu, yakni untuk kemasyarakatan. Mendirikan tempat ibadah ini bukan hanyabagi pegawai pengadilan tapi untuk masyarakat luas. Baik itu masyarakat yang sedang menunggu sidang, maupun masyarakat umum lainnya yang ingin beribadah di sini.

Sebelumnya, tepat pada saat buka puasa bersama musola itu telah diresmikan penggunaannya oleh Bupati Barito Selatan Eddy Raya Samsuri. (URIUTU DJAPER/B-3).

Berita Terbaru