Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tapanuli Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PAN Kalteng Target dua Bakal Calon Disetor ke Pusat

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 19 Juni 2017 - 05:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua DPW PAN Kalimantan Tengah (Kalteng) Darwan Ali menargetkan dua calon yang lolos penyaringan pascamendaftar melalui perahu PAN. Saat ini, pada 11 daerah di Kalteng, sudah banyak yang mendaftar ke partai berlambang Matahari bersinar tersebut untuk diusung pada Pilkada Serentak 2018. Meski begitu, ia berjanji prioritaskan kader potensial.

"Semua, 10 kabupaten dan 1 kota itu terisi dengan banyak pelamar. Ada yang 2 orang, ada yang sampai 4 orang. Nah, itu penjaringan ada di DPD Kabupaten/kota. Saya harap minimal dua nama nanti disetorkan ke pusat (DPP), biar ada pilihan," kata Darwan, Minggu (18/6/2017) usai buka puasa bersama di Rumah PAN Kalteng jalan Tingang Palangka Raya.

Mekanisme sebelum difinalkan oleh DPP, ada serangkaian tes dilalui pelamar. Jadi setelah penjaringan di DPD, sambung dia, nama-nama yang melamar akan diserahkan ke DPW. Ketika sudah di posisi ini, pihaknya akan lakukan penyaringan sebelum akhirnya diusulkan ke DPP PAN.

"Memang harus ikuti tes dan tahapan. Sebenanya bagi saya, gak usahlah dites tidak apa-apa. Tapi karena aturan partai. Ini dalam rangka penjaringan di DPD. Setelah DPD menyerahkan ke DPW, nanti dilakukan penyaringan. Lalu dibawa je pusat dan nantinya semuanya pusat yang menentukan," beber dia.

Meski membuka pendaftaran pelamar calon kepala daerah melalui jalur PAN, namun Darwan mengaku prioritaskan kader, meski ia pun akui belum tentu jadi jaminan. "Sepanjang kemampuan, potensi, dan elektibilitas bagus, ya kita dukung. Tidak harus kader dari dalam tapi masyarakat luas pun bjsa masuk, tapi harus kita lihat," ujarnya. (ROZIQIN/N).

Berita Terbaru