Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kendal Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Harus Bijak Manfaatkan Dana APBD

  • Oleh Testi Priscilla
  • 19 Juni 2017 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi A DPRD Kota Palangka Raya Diu Husaini mendorong pihak Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya untuk bijak memanfaatkan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Mengingat, jumlah uang APBD Pemko sangat terbatas yang digunakan tidak hanya untuk membiayai pembangunan, namun juga untuk membayar gaji pegawai serta biaya operasional lainnya.

"Anggaran kan terbatas tentu kita mengimbau agar pihak eksekutif dapat bijaksana dalam memanfaatkan dana APBD. Artinya, program yang dibiayai APBD harus benar-benar yang prioritas dan mendesak," ungkap Diu, Senin (19/6/2017).

Terlebih, dirinya menyarankan agar program yang dibuat adalah program yang berpihak kepada kebutuhan masyarakat. Perlu kebijaksanaan dalam memilih dan memilah program serta kegiatan. "Kedepankan kepentingan masyarakat," tegas Politisi Hanura ini.

Keterbatasan anggaran sebenarnya tak akan menjadi masalah. Menurut Diu, jika dikelola dengan bijak, pembangunan dapat dilaksanakan secara maksimal serta tanggung jawab terhadap pegawai tetap dapat terpenuhi.

"Tapi kalau luput penyusunan program, hasilnya tak akan memuaskan masyarakat. Karena itu, Pemko harus menggunakan anggaran yang tersedia dengan orientasi hanya untuk kepentingan masyarakat. Kami selaku DPRD pasti akan selalu mendukung program pemerintah sepanjang berorientasi pada kepentingan khalayak," tuturnya.

Diu menyebut, pihaknya akan menentang program pemerintah jika program tersebut dianggap tak sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Karena itu tugas wakil rakyat, menyuarakan apa yang diinginkan rakyat. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru