Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maros Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jelang Lebaran, Polres Kobar Antisipasi Kejahatan

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 19 Juni 2017 - 15:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Untuk mengantisipasi tindak kejahatan yang marak terjadi menjelang lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah, Polres Kotawaringin Barat (Kobar) mulai gencar menggelar patroli di kawasan permukiman.

Kapolres Kobar, AKBP Pria Premos mengatakan fenomena kejahatan yang marak terjadi menjelang lebaran ini sudah menjadi tradisi baik tindak kriminal pencurian kendaraan bermotor, pencurian rumah kosong yang ditinggal mudik pemiliknya, penjambretan hingga pembobolan bangunan sarang burung walet.

"Sudah menjadi tradisi tahunan kejahatan menjelang lebaran, apalgi bagi sebagian orang yang imannya kurang mereka akan gelap mata dan melakukan kejahatan," kata Pria kepada Borneonews, Senin (19/6/2017).

Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam menjaga keamanan diperumahan dan kawasan pemukiman serta meningkatkan kewaspadaan dilingkungan sekitar.

Selain itu, Kapolres juga berharap warga bisa menghidupkan pos-pos keamananan dikampung dengan meningkatkan sistem keamanan lingkungan (Siskamling). Kemudian kata dia, untuk pemilik kendaraan agar memberikan kunci ganda pada kendaraannya.

"Warga yang akan mudik sebaiknya menitipkan kunci rumahnya kepada saudara atau kepada orang yang dipercaya dan kami akan meningkatlan himbauan ini kepada masyarakat luas," imbau dia. (KOKO SULISTYO/B-8)

Berita Terbaru