Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yalimo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komisi II DPRD Kapuas Dorong Program Asuransi Poktan

  • Oleh Hamdi
  • 19 Juni 2017 - 16:06 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Untuk langkah antisipasi dan bentuk bantuan kepada Kelompok Tani (Poktan) di Kuala Kapuas apabila terjadi gagal panen, Komisi II DPRD Kapuas mendorong Dinas Pertanian (Distan) Kapuas untuk merealisasikan program asuransi pertanian.

Hal itu diungkapkan anggota Komisi II DPRD Kapuas, Wahyu Dinata kepada Borneonews, Senin (19/6/2017). "Kami dari Komisi II DPRD Kapuas akan mendorong Distan Kabupaten Kapuas untuk merealisasikan program asuransi pertanian itu," tegas Wahyu.

Ia melanjutkan hal ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan kerja Komisi II DPRD Kapuas ke Kantor Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), Kementerian Pertanian RI pada 15 Juni 2017 lalu. Asuransi pertanian ini akan dikelola oleh PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo).

Menurut Wahyu, dengan adanya program asuransi pertanian ini bisa menjadi jaminan bagi para petani saat mengalami kegagalan panen. "Baik kegagalan panen yang ditimbulkan oleh bencana alam, maupun hama. Nanti pihak PT Jasindo akan memberikan penggantinya," ucap politikus partai Nasdem tersebut.

Wahyu berharap dengan adanya jaminan tersebut, bisa membantu para Poktan yang ada di Kuala Kapuas. "Kita usahakan untuk secepatnya bisa direalisasikan oleh Dinas terkait," pungkasnya. (HAMDI/B-8)

Berita Terbaru