Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Selatan Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2016

  • Oleh Uriutu
  • 19 Juni 2017 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Bupati Barito Selatan (Barsel) Eddy Raya Samsuri menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2016 pada Rapat Paripurna di gedung DPRD, Senin (19/6/2017).

Bupati dalam pidatonya mengatakan, LKPJ tahun anggaran 2016 sangat penting karena menyajikan gambaran kondisi umum daerah, kebijakan daerah, hasil capaian pelaksanaan program dan kegiatan, serta solusi yang ditempuh.

"Ini sangat penting sebagai umpan balik penyelenggaraan pemerintah yang bersih, bertanggung jawab, serta mampu menjawab tuntutan perubahan ke depannya," kata Bupati kepada Borneonews seusai kegiatan.

Ia menyampaikan beberapa hal terkait keuangan daerah tahun anggaran 2016. Untuk realisasi pendapatan daerah Rp932,032 miliar dari target Rp932,637 atau 99,94%. Sementara itu, realisasi belanja daerah secara keseluruhan sebesar Rp939,6 miliar atau 92,33% dari target Rp1,017 triliun.

Realisasi pembiayaan terdiri dari penerimaan daerah dan pemanfaatan dana sisa lebih perhitungan anggaran (silpa) sebesar Rp98,4 miliar.

Dan untuk pengeluaran daerah, lanjut dia, terdiri dari penyertaan modal PT Bank Kalteng Cabang Buntok Rp5,5 miliar dan pembayaran pokok utang kepada PT Askes berdasarkan addendum perjanjian bantuan bersyarat pembangunan ruang rawat inap kelas I RSUD Jaraga Sasameh Rp295,7 juta. "Jadi realisasi atas pembiayaan netto sebesar Rp92,5 miliar," ucap dia.

Ia menambahkan, untuk saldo akhir kas bendahara umum daerah sebesar Rp63 miliar, investasi jangka pendek Rp15 miliar, kas di bendahara pengeluaran Rp220 juta, dan kas di BLUD Rp6,2 miliar. "Kami berharap materi yang disampaikan ini dapat dibahas bersama selanjutnya akan mendapatkan persetujuan bersama antara eksekutif dan legislatif dan ditetapkan menjadi peraturan daerah," ucap dia.

Sementara itu, Ketua DPRD Barito Selatan Tamarzam mengatakan pihaknya akan mempelajari dan mengkaji sehingga bisa dibahas ke tahap selanjutnya. (URIUTU DJAPER/B-3)

Berita Terbaru