Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Batanghari Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Full Day School di Palangka Raya, Anak-Anak Mau Lakukan Apa

  • Oleh Testi Priscilla
  • 20 Juni 2017 - 11:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Wali Kota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio mempertanyakan kebijakan Kemendikbud yang per 1 Juli 2017 ingin menerapkan sistem belajar Full Day School atau sekolah seharian penuh. Hal ini tentu mendapat kritik dari Wakil Wali Kota mengingat dirinya sendiri adalah mantan guru.

"Anak-anak disuruh sekolah seharian itu mau melakukan apa Tidur Kalau tidur ya untuk apa dilakukan di sekolah, di rumah saja," tutur Mofit saat menggelar makan malam bersama sejumlah awak media, Senin (20/6/2017) malam.

Kritik ini disampaikan, menurut Mofit, agar Kemendikbud tidak tebang pilih dalam menerapkan kebijakan tersebut.

Menurutnya, Kemendikbud perlu memetakan sekolah mana saja yang memiliki fasilitas memadai untuk menunjang kebutuhan peserta didik selama menjalani Full Day School.

"Fasilitas penunjang harus dilengkapi dulu kalau mau menerapkan Full Day School. Jadi selama anak-anak di sekolah ada kegiatan yang bisa mereka lakukan. Misalnya, fasilitas olah raga, fasilitas perpustakaan, fasilitas seni, fasilitas laboratorium dan sebagainya. Ini penting karena kita berharapnya waktu anak-anak di sekolah diisi dengan kegiatan menyenangkan dan bermanfaat," pungkasnya.

Hal serupa juga diungkapkan Anggota Komisi X DPR RI, Asdy Narang. Menurut anggota dewan yang menangani bidang pendidikan dan kebudayaan ini penerapan full day school akan meminimalisir kenakalan yang bisa dilakukan para remaja karena sehari penuh akan berada di bawah pengawasan sekolah.

"Zaman sekarang beda dengan jaman kita dulu ya. Kami melihat bahwa anak-anak sekarang ini kalau dibiarkan banyak waktu di luar rumah, kita takut kalau mereka melakukan hal-hal yang tidak baik. Tapi kembali lagi, fasilitas harus dilengkapi dulu. Karena kalau fasilitas tidak ada kan anak-anak bingung juga mau ngapain di sekolah, belajar di kelas terus kan ya bosan juga. Itu, jadi menurut saya plus minusnya harus dipertimbangkan dulu," katanya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru